Apakah Ayah Bunda ingin agar anak tumbuh menjadi sosok saleh dan berakhlak mulia? Tentu jawabannya “iya”. Yuk ajak putra putri Anda untuk mondok, karena banyak keuntungan yang bisa Ayah Bunda peroleh.

Purwokerto – Anak merupakan salah satu investasi terbesar bagi kita, para orang tua. Mempersiapkan anak menjadi generasi penerus yang berkualitas menjadi tanggung jawab besar bagi kita. Namun, kesalehan seseorang tidak bisa kita dapatkan hanya dengan harapan, tapi butuh yang namanya “usaha” nyata.

Usaha nyata yang kita lakukan adalah memberi bekal berupa ilmu agama yang mempuni untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan nyata. Sehingga tidak hanya bekal ilmu pengetahuan saja, tetapi juga ilmu agama. Ini semua dapat kita temukan di pondok pesantren atau sekolah berasrama (boardng school).

Jika dibandingkan dengan sekolah umum, pesantren memiliki banyak point plus yang akan berguna bagi kehidupan anak kelak.   

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Ayah Bunda dapatkan dengan menyekolahkan anak ke pondok pesantren. Dengan begitu, bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mantap atau tidak mengirim anak ke pesantren.

Agama

Sekolah di pondok mendapat bekal ilmu agama
Sekolah di pondok mendapat bekal ilmu agama

Dengan pola kekhasan pesantren, tentu yang pertama didapatkan adalah pendidikan agama yang lebih kuat. Keseharian anak selama 24 jam bernilai edukasi, mulai dari salat berjama’ah, membaca Al Quran, program tahfiz, hingga mendengarkan kajian keagamaan. Otomatis dengan berbagai kegiatan tersebut nilai agama akan lebih kuat.

  • Anak terjaga salat 5 waktunya dan berjama’ah
  • Anak akan terbiasa membaca Al Quran secara istiqomah
  • Anak akan terbiasa melakukan salat sunah
  • Anak akan terbiasa mengaji dan mengkaji kitab-kitab agama
  • Anak terbiasa melakukan puasa sunah

Baca Juga: Catat ya Bund! Tips Memilih Boarding School Terbaik untuk Sang Buah Hati

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Sekolah boarding school dengan pembelajaran IPTEK
Sekolah boarding school dengan pembelajaran IPTEK

Tidak hanya ilmu agama, jika Ayah Bunda menyekolahkan anak ke pondok pesantren atau boarding school maka ilmu pengetahuan dan teknologi juga anak dapatkan. Sekarang banyak pondok yang tidak hanya mengajarkan agama, tapi juga bekal IPTEK.

Pemanfaatan teknologi tidak harus yang modern, tetapi bisa teknologi yang sederhana, misalnya penggunaan komputer, akses internet tanpa kabel atau wifi, dan buku-buku digital. Era sekarang ini tak bisa dilepaskan dari kemajuan teknologi.

  • Memadukan kurikulum agama dengan kurikulum nasional yang tak lepas dari teknologi
  • Pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
  • Adanya laboratorium sains maupun komputer
  • Tugas sekolah yang memanfaatkan perkembangan teknologi kontemporer
  • Adanya bimbingan prestasi dengan pemantauan 24 jam

Orang Tua dan Anak

Selain dua keuntungan di bidang agama dan IPTEK di atas, menyekolahkan anak di pondok pesantren atau boarding school juga memberikan rasa tenang orang tua terhadap anak. Orang tua lebih tenang dalam mencari nafkah dan si anak lebih banyak waktu melakukan hal-hal positif.

  • Orang tua tenang dalam mencari nafkah
  • Anak akan selalu mendoakan orang tuanya
  • Apa yang dilakukan anak, insyaAllah pahalanya juga akan mengalir ke orang tuanya
  • Anak akan terjaga dari hal-hal negatif
  • Anak akan terbiasa hidup mandiri, disipilin dan bertanggung jawab
  • Anak akan menjadi investasi yang sangat berharga bagi kedua orang tuanya kelak
  • Selain belajar mandiri, anak juga belajar bertanggung jawab
Mondok melatih anak hidup mandiri dan bertanggung jawab
Mondok melatih anak hidup mandiri dan bertanggung jawab

Baca Juga: Ini Alasan Menyekolahkan Anak ke AABS Purwokerto

Mondok di AABS Purwokerto

Berita gembiranya, Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto merupakan salah satu pilihan tepat bagi Ayah Bunda untuk menjadi partner dalam membimbing anak-anak. Tentunya agar mereka menjadi generasi terbaik, bermanfaat bagi agama, dan bangsa.

AABS Purwokerto merupakan sebuah lembaga pendidikan formal berbasis pesantren yang didirikan oleh Al Irsyad Al Islamiyyah. Ponpes ini memiliki visi untuk mencetak generasi muslim masa depan yang berkarakter qurani, berjiwa mandiri, dan berprestasi. 

Sejumlah program unggulan AABS Purwokerto adalah program hafalan 30 juz Al Quran dan Bina Prestasi. Jadi santri akan mendapat bekal hafalan 30 juz dan mempunyai prestasi yang mumpuni dengan bimbingan dari guru dan mentor profesional di bidang keilmuan masing-masing.

Klik link berikut untuk mengetahui keunggulan AABS! Keunggulan AABS

Baca Juga: Sekolah Boarding dengan Program Tahfiz Al Quran