Future Planning

Perencanaan menjadi bagian penting dari sebuah capaian kesuksesan dan keberhasilan. Perencanaan yang baik memperbesar peluang tercapainya keberhasilan. Sebaliknya, kurangnya perencanaan tentu berpengaruh pada capaian keberhasilan.

Oleh karena itu, perencanaan yang baik diperlukan dalam upaya mengantarkan siswa ke pintu gerbang keberhasilannya di masa yang akan datang.

Perencanaan masa depan menjadi hal yang penting dalam upaya mendampingi siswa menuju gerbang karirnya di masa yang akan datang.

Perencanaan masa depan yang perlu diberikan kepada siswa meliputi proses memahami profil diri, memahami kebutuhan diri, mengambil keputusan karir yang sesuai dengan diri, memetakan kebutuhan dan tantangan yang dimiliki, hingga perincian langkah menapaki setiap tahapan pencapaian karir yang dipilihnya.

Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto memfasilitasi program perencanaan masa depan siswa dalam program Future Planning.

Program Future Planning dirancang untuk membantu siswa merencanakan masa depannya dengan terperinci dan terstruktur.

Harapannya, dengan program ini siswa memiliki gambaran langkah yang jelas dalam menapaki setiap jenjang perkembangan di masa depannya.

Dalam program Future Planning tak hanya menekankan pada pembuatan rencana karir masa depan, namunĀ  memberikan landasan filosofis pada siswa tentang hakikat perencanaan karir siswa pada akhirnya semata mendukungnya untuk sukses dunia akhirat.

Sehingga siswa tidak hanya diberikan pembekalan tentang proses merancang karir dunia, tapi seluruh rangkaian program perencanaan masa depan dilandasi oleh proses pembekalan akan pemahaman ruhiyah tentang visi hidup seorang muslim adalah semata berkarya di dunia untuk menggapai ridho Allah swt dengan sukses akhirat dan masuk ke dalam Surga Allah Swt.

Tujuan Program

Program Future Planning bertujuan untuk membantu siswa menentukan perencanaan karir dan mencapai kematangan karir yang dilandasi akan pemahaman ruhiyah tentang visi berkarya di dunia untuk menggapai ridho Allah swt dengan sukses akhirat (masuk surga Allah swt).

Tahapan Pelaksanaan Program

Program Future Planning dilaksanakan dari jenjang siswa kelas IX di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School. Tahapan program future planning di kelas IX adalah sebagai berikut :

  1. Tahapan awal sekolah mendampingi siswa untuk mampu memiliki gambaran profil diri yang meliputi : Minat dan Bakat Siswa, kekuatan dan Kelemahan Diri Siswa, serta Peluang dan Tantangan Diri Siswa.
  2. Tahapan Kedua siswa dibimbing dalam merancang proposal hidup berdasarkan gambaran profil diri dengan target utama perencanaan karir masa depan untuk menggapai ridho Allah swt dan mencapai sukses akhirat.
  3. Tahapan ketiga siswa difasilitasi pertemuan pekanan dalam rangka menguatkan motivasi dan menanamkan landasan ruhiyah untuk mewujudkan proposal hidup yang dibuatnya.
  4. Tahapan keempat siswa mengikuti bimbingan klasikal untuk melengkapi rencana karir dengan berbagai kegiatan yang mengoptimalisasi tumbuh kembang siswa yang menunjang pilihan karir siswa.
  5. Tahapan kelima siswa mengikuti layanan konsultasi untuk mengevaluasi, mengarahkan dan menguatkan langkah diri siswa dalam melaksanakan setiap rencana yang dirancang dalam proposal hidup siswa
  6. Tahapan keenam siswa didampingi secara individual hingga mencapai studi lanjut yang telah dirancang dalam proposal hidup siswa.

    Alur Pelaksanaan Program

    1. Tahapan Pertama dan Kedua dilaksanakan di SMP kelas IX
    2. Tahapan Ketiga dan Keempat dilaksanakan di SMA kelas X
    3. Tahapan Keempat dan Kelima dilaksanakan di SMA Kelas XI
    4. Tahapan Keenam dilaksanakan di SMA Kelas XII

    Sistematika Proposal Hidup Siswa

    1. Latar Belakang

    • Landasan
    • Motivasi
    • Motto hidup

    2. Gambaran Profil Diri

    • Asesmen minat
    • Asesmen bakat
    • Asesmen potensi
    • Asesmen peluang dan tantangan

    3. My Ideal Self

    • Gambaran Diri yang diinginkan pada 5 tahun yang akan datang
    • Gambaran Diri yang diinginkan pada 10 tahun yang akan datang
    • Gambaran Diri yang diinginkan pada 15 tahun yang akan datang
    • Gambaran Diri yang diinginkan pada 20 tahun yang akan datang

    4. Future Planning (Pembuatan Proposal Hidup yang meliputi Perencanaan aspek Religiusitas, Keluarga, Sosial Masyarakat, Karir/Profesi)

    • Planning Jangka Pendek Kelas IX, X, XI dan XII
    • Planning Jangka Menengah Studi lanjut dan karir profesi
    • Planning Jangka Panjang Kehidupan harapan di masa depan

    5. Penutup

    • Doa