EKSTRAKURIKULER SMA

SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sebagai salah satu satuan Pendidikan Menengah menyelenggarakan kegiatan ektrakurikuler dalam rangka untuk menggali potensi peserta didik dan memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minatnya.

Harapannya dengan sekolah memfasilitasi kegiatan anak di luar kegiatan akademik di sekolahnya, mampu memunculkan bakat dari peserta didik untuk nantinya bisa dikembangkan dan menghasilkan prestasi di bidang non-akademik.

 

Fungsi

Fungsi dari kegiatan ekstrakurikuler di SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto adalah sebagai berikut :

  1. Pengembangan, yaitu sebagai wahana pengembangan minat dan bakat peserta didik.
  2. Sosial, yaitu sebagai wahana untuk memperluas pengalaman bersosialisasi, praktik keterampilan berkomunikasi, dan internalisasi nilai-nilai karakter.
  3. Rekreatif, yaitu dilakukan dalam suasana gembira dan menyenangkan, sehingga suasana ini menunjang proses perkembangan potensi/kemampuan personal peserta didik.
  4. Persiapan Karir, yaitu sebagai wahana memfasilitasi persiapan peserta didik melalui pengembangan bakat dan minat dalam bidang ekstrakurikuler yang diminati.

 

 

 

1. Pramuka

Kegiatan pramuka dapat menambah pengetahuan mengenai nilai-nilai luhur. Selain itu, kegiatan kepramukaan juga dapat mengasah keterampilan. Keterampilan yang secara tidak langsung menjadi terasah dari kegiatan pramuka antara lain keterampilan fisik, keterampilan intelektual, keterampilan emosional, dan keterampilan sosial.

2. Panahan

Tujuan untuk meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan. Kemudian meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari, membangun kekuatan tubuh, serta meningkatkan kesabaran.

Pada masa Rasulullah Saw dan khulafaur rasyidin, panah dan memanah menjadi sarana penting untuk berperang.

Keahlian memanah memberi sumbangsih besar kepada kaum Muslimin dalam memetik kemenangan di berbagai medan perang.

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim)”.

“Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda)”. (HR Muslim)

3. Sepak Bola

Ektrakurikuler sepak bola diadakan dengan tujuan menyediakan wadah bagi siswa untuk menyalurkan hobi dan menumbuhkan sifat sportivitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi.

4. Hortikultura

Hortikultura berasal dari bahasa Latin hortus dan cultura/colere, dan dapat diartikan sebagai budidaya tanaman kebun.

Pemanfaatan lingkungan sekolah khususnya green house sebagai rumah belajar menjadi wadah bagi siswa untuk bisa lebih menggali pengetahuan tentang tanaman dan pengelolaan budidaya tanaman.

5. Paskibra

Keberadaan ekstrakurikuler Paskibra mempunyai manfaat sangat banyak bagi siswa.

Di antaranya bisa meningkatkan kedisiplinan siswa, membangkitkan jiwa nasionalisme pada anggotanya, sebagai wahana penyaluran bakat, memupuk rasa tanggung jawab, dan membekali anggotanya dengan berbagai keterampilan untuk menyongsong masa depan.

6. English Club

Keberadaan ekstrakurikuler english club mempunyai manfaat sangat banyak bagi siswa.

Di antaranya bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris.

Meliputi grammar, mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing).

 

7. Handy Craft

Dalam ekstrakurikuler handycraft, siswa diajak untuk membuat beberapa kerajinan sederhana dari barang barang yang ada di sekitar kita dan mudah didapat.

Membuat kerajinan tangan termasuk salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak.

Ini juga merupakan salah satu cara membangun dan mengembangkan kreativitas anak.

 

8. Bola Voli

Kegiatan ekstrakurikuler bola voli dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan dan keterampilan dalam bermain bola voli supaya lebih baik, serta melatih kerja sama.

9. Tenis Meja

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga tenis meja bertujuan untuk meningkatkan prestasi yang diarahkan terciptanya atlet tenis meja yang berkualitas.

10. Bulu Tangkis

Dengan mengikuti ekstrakurikuler bulu tangkis atau badminton dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri anak untuk meraih kemenangan.

Selain itu, permainan bulu tangkis akan membuat anak memiliki sikap kompetitif dan belajar menerima kemenangan atau kekalahan dalam setiap permainan.

11. Desain Grafis

Manfaat desain grafis dapat kita rasakan secara nyata di kehidupan sehari-hari.

Desain gafis memudahkan dalam bertukar informasi, membuat suatu informasi menjadi lebih menarik, dan lebih nyaman secara visual.

Harapannya dengan adanya ektrakurikuler desain grafis, siswa dapat belajar sekaligus mengimplementasikan ilmu desain grafis.

 

12. Programming

Apa manfaat belajar programming?

Dengan belajar programming dapat memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Teknologi Komputer dan Pemrograman.

Sehingga harapannya, dapat membekali siswa yang mempunyai minat dan bakat di bidang programming.

13. Basket

Banyak manfaat yang akan didapat dari permainan bola basket. Beberapa di antaranya adalah :

– Meningkatkan kualitas mental dari setiap anggota.
– Meningkatkan dan melatih fisik dari setiap anggota.
– Melatih kemampuan serta mengasah skill bermain bola basket dari setiap anggota.
– Menumbuhkan sikap disiplin dan sportivitas.

 

14. Kaligrafi

Banyak manfaat yang akan didapat dari belajar kaligrafi.

Siswa tidak hanya unggul pada bacaan ayat suci Al-Qur’an, melainkan juga unggul pada tulisan.

Selain itu, ektrakurikuler kaligrafi dapat menambah wawasan dan bakat siswa untuk memperbagus tulisan sesuai dengan kaidah Al-Qur’an.