Jika Ayah dan Bunda berencana menyekolahkan anak di boarding school, pastikan mempertimbangkan hal berikut ini. Tips memilih boarding school yang terbaik untuk Sang Buah Hati, bila perlu dicatat juga ya Bund!

Purwokerto – Lulus sekolah dasar atau menengah merupakan momen yang mengesankan, namun menentukan ke mana sekolah selanjutnya itu hal yang bisa membingungkan. Apalagi terdapat beragam sekolah dengan keunggulannya masing-masing, misalnya boarding school (sekolah berasrama).

Sebagai orang tua tentunya menginginkan segala sesuatu yang terbaik bagi anak-anaknya, termasuk soal pendidikan. Orang tua mengharapkan anak mereka mampu menggapai cita-citanya setinggi mungkin, sehingga menyekolahkan anak di sekolah terbaik.

Sekolah berasrama (boarding school) bisa menjadi salah satu pilihan sekolah terbaik untuk putra putri Anda. Pasalnya boarding school terkenal dengan akademik dan agamanya yang unggul. Dalam setiap Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), sekolah boarding memadukan nilai-nilai agama dalam muatan ilmu pengetahuan umum.

Berikut ini beberapa tips yang dapat menjadi acuan dalam memilih boarding school terbaik untuk putra putri Anda.

Mencari Tahu Informasi Sekolah

Tips yang pertama adalah mencari tahu sebanyak mungkin informasi sekolah tujuan, baik melalui website dan media sosial sekolah, saudara atau kerabat. Pastikan Ayah Bunda jauh-jauh hari sudah mencari informasi seputar SMP, SMA, atau MA Boarding School yang bagus di sekitar kota Anda atau wilayah lain.

  • Periksa akreditasi dan reputasi sekolah termasuk informasi alumninya.
  • Cari tahu apakah sekolah tersebut memiliki kurikulum pendidikan khusus selain kurikulum dari pemerintah, karena biasanya beberapa sekolah swasta memiliki kurikulum belajar tambahan dibandingkan sekolah negeri.
  • Telusuri prestasi akademik dan non-akademik sekolah. Lebih baik fokus pada prestasi yang sesuai dengan kebutuhan anak. Prestasi sekolah biasanya berbanding lurus dengan fasilitas sekolah.

Baca Juga: Lengkap! Ini Dia Fasilitas Sekolah di AABS Purwokerto

Survei Langsung ke Sekolah

Setelah mencari tahu informasi sekolah tujuan, tips berikutnya adalah survei langsung ke sekolah.

  • Kunjungi sekolah dan berbicara langsung dengan guru atau staff sekolah.
  • Tanyakan tentang kondisi sekolah, biaya, program sekolah, dan sistem pendidikan yang diterapkan.
  • Pilih suasana sekolah yang nyaman dan aman untuk pembelajaran Sang Buah Hati.
  • Tanyakan juga terkait peraturan sekolah, sistem penjengukan atau perpulangan siswa, fasilitas sekolah, tenaga pendidik, dan banyak hal lainnya sembari mencocokkan kebutuhan anak.

Mendengarkan Pengalaman Orang Tua Lain

Tips ini berfokus pada cerita pengalaman orang tua lain yang menyekolahkan anaknya di boarding school incaran Anda. Melalui bantuan koneksi orang terdekat, Anda dapat menggali informasi seputar pengalaman mereka dalam memilih boarding school tersebut.

  • Tanyakan apakah sesuai dengan ekspetasi atau tidak saat proses belajar telah berjalan.
  • Bagaimana perkembangan kemampuan belajar anak, termasuk capaian anak saat bersekolah di sana.

Pilihlah Islamic Boarding School

Kenapa Islamic Boarding School? karena akan lebih baik jika sekolah tidak hanya fokus pada aspek pendidikan umum tetapi juga nilai-nilai agama dan pembentukan karakter Islami.

Semua itu agar anak tidak hanya kuat dalam hal akademik, namun juga kuat dalam pengetahuan agamanya. 

Namun perlu mempertimbangkan bahwa sekolah tujuan memiliki nilai-nilai yang sama dengan prinsip Anda, khususnya, sekolah asrama agama Islam. Hal ini karena beberapa sekolah menerapkan metode pendidikan agama yang berbeda. 

  • Apa saja program keagamaannya.
  • Apakah terdapat program Tahfiz Al Quran.
  • Selama di asrama atau sekolah, apakah terdapat penanaman akhlakul karimah maupun pembiasaan-pembiasaan ibadah harian, dan banyak hal keagamaan lainnya.

Baca Juga: Sekolah Boarding dengan Program Tahfiz Al Quran

Itulah beberapa tips memilih sekolah asrama (boarding school) yang dapat Ayah Bunda lakukan. Berbagai kriteria sekolah asrama yang berkualitas dapat ditemukan di Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto.

Dengan 3 jenjang pendidikan (SMP-SMA-MA) boarding school, AABS Purwokerto tidak hanya memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap dan modern, juga tenaga pendidik yang berkualitas dan kompeten di bidangnya. Tidak hanya program pendidikan umum, tetapi terdapat program tahfiz Al Quran dan pembiasaan ibadah wajib maupun sunah.

AABS Purwokerto juga menjalin kerja sama dengan banyak lembaga baik dalam maupun luar negeri, sehingga bisa memberikan pengembangan wawasan internasional secara maksimal untuk siswanya.

Beberapa di antaranya adalah Ijazah Muadalah (Ijazah Penyetaraan) dari Universitas Al Azhar, Cairo Mesir yang dapat digunakan untuk tiket masuk kuliah di sana tanpa seleksi. Selain itu, Pearson (pembelajaran Bahasa Inggris), Nile Center (Pembelajaran Bahasa Arab), Biro Psikologi UMP, BSI, Universitas Islam Madinah (Pembelajaran Bahasa Arab), dan lembaga bimbingan belajar sebagai persiapan seleksi masuk perguruan tinggi negeri.