Purwokerto – MA Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto hadir dalam memberikan pemahaman mengenai ratusan hadits kepada para siswanya. Melalui program Olah Akal, siswa belajar memahami kumpulan hadits Nabi sebagai pegangan hidup sehari-hari.

Pemahaman terhadap hadits memiliki peran penting bagi umat Islam dalam merespons perkembangan zaman seperti saat ini.

Sebagai sumber ajaran Islam, isi (matan) hadis Nabi SAW. menyangkut seluruh persoalan atau rumus-rumus kehidupan umat manusia, baik terkait duniawi maupun ukhrawi.

Program Olah Akal MA AABS Purwokerto menjadi sarana bagi siswa untuk mempelajari dan menghafal hadits-hadits Nabi.

Belum lama ini, siswa MA AABS menghafal dan menggali rumus-rumus hidup yang bersumber dari Nabi SAW. di Taman Mas Kemambang pada Sabtu, 18 November 2023.

Anak-anak menghafal dengan style masing-masing. Ada yang menghafal sambil berjalan, duduk bersama di saung dengan suara lantang, maupun memilih untuk menghafal sendiri di sudut ruangan.

Baca Juga: Olah Fisik Siswa MA AABS, Cara Meneladani Nabi dalam Menjaga Jasmani

Proses menghafal hadits sebagai salah satu pegangan hidup

Ini menjadi salah satu cara menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari haidts Nabi. Pasalnya mempelajari hadits Nabi mempunyai keistimewaan tersendiri sebagaimana dijanjikan oleh Rasulullah SAW.

“Semoga Allah menjadikan berseri-seri wajah seseorang yang telah mendengar dari kami hadits, kemudian ia menghafalkannya dan kemudian menyampaikannya kepada orang lain sebagaimana yang ia dengar. Bisa jadi orang yang diberi kabar darinya lebih paham dari dia (yang mendengar langsung)”

(HR.Tirmidzi, Abu Dawud dan
Ibnu Majah)

Olah Akal merupakan salah satu dari kegiatan yang akan mengolah akal siswa MA, karena anak-anak dilatih beberapa kemampuan.

Siswa tidak hanya memiliki kemampuan hafalan Al Quran (hafiz), tetapi juga memiliki kemampuan nalar dan mampu mengkontektualisasikan rumus-rumus hadits ke dalam kehidupan nyata.

“Kegiatan ini sifatnya rutin, harapannya lulus MA AABS anak anak hafal ratusan hadits Nabi sebagai pedoman dan panduan dalam menghadapi setiap ujian hidup yang sudah menjadi sunatullah.” Terang ustazah Sarah Abdurrohmah, Lc., Waka MA AABS Purwokerto.

Baca Juga: Siswa MA AABS Nikmati Berkuda di Lapangan Desa Srowot Kalibagor