Purwokerto – Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto menggelar salat Idul Adha1445H di Sport Centre AABS, Senin (17/06). Seluruh siswa-siswi level VII, VIII, X, dan XI SMP-SMA-MA serta sejumlah guru dan karyawan mengikuti salat Idul Adha dengan khidmat.

Pelaksanaan salat ied mulai pukul 06.00 WIB dengan imam sekaligus khatib, ustaz Fithron Nadlifin, Lc., Kepala Madrasah Aliyah.

Dalam khotbahnya, ustaz Fithron mengajak seluruh keluarga besar AABS Purwokerto untuk meneladani sikap Nabi Ismail a.s. Beliau adalah sosok yang menjadi representasi sikap dan bakti seorang anak kepada orang tuanya.

Dalam Q.S. Ash-Shaffat ayat 102,

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ ۝١٠٢

Ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, ia (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Pikirkanlah apa pendapatmu?” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu! Insyaallah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar.”

Di antara bentuk bakti anak kepada orang tua adalah dengan mengajaknya untuk taat kepada Allah SWT., sebagaimana sikap Nabi Ismail a.s.

Ketika hendak disembelih, beliau memerintahkan ayahnya untuk memalingkan muka dari pandangannya. Hal ini dalam rangka membantunya untuk dapat melaksanakan perintah Allah dengan baik. Selain itu agar Nabi Ibrahim a.s. dapat menyingkirkan perasaan belas kasih yang hanya akan menghalanginya untuk melaksanakan perintah Allah.

“Mari kita ajak orang tua kita untuk mendirikan salat, membaca al Quran, serta ketaatan lainnya dengan cara yang baik dan tidak menyakiti mereka.” Kata ustaz Fithron.

Baca Juga: Sambut Lebaran, Siswa AABS Takbir Keliling Bawa Obor

Baca Juga: Tabungan Qurbanku, Berkurban di AABS Purwokerto Banyak Untungnya!

Tebar Qurban

Setelah salat Idul Adha, siswa-siswi dan seluruh SDM AABS mempersiapkan penyembelihan hewan qurban.

Dalam perayaan Idul Adha 1445H, AABS Purwokerto menyembelih 23 ekor hewan qurban yang terdiri dari 12 sapi dan 11 kambing. Semua hewan qurban tersebut merupakan hasil dari tabungan qurban 94 Shahibul Qurban siswa dan SDM (manajemen, guru, dan karyawan).

Adapun nantinya daging qurban ini akan diberikan kepada masyarakat sekitar di lingkungan AABS Purwokerto (Desa Karangtengah dan Kebumen, Baturraden).

Tak hanya belajar menabung untuk berqurban, siswa AABS juga mendapat pengalaman langsung menjadi panitia qurban mulai dari menyiapkan hewan qurban, memilih hewan yang terbaik untuk qurban, merawat, menyembelih, memotong, memasak, hingga membagikan hewan qurban ke penerima.

Suasana salat Ied di lapangan Sport Centre AABS
Siswa AABS lakukan salat Idul Adha di sekolah
Siswi AABS terlihat khusyuk menunaikan ibadah salat Ied di Sport Centre
Foto bersama BANAT
Foto bersama BANIN