Dalam menyambut hari lebaran Idul Adha 1445H, siswa Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto melakukan takbir keliling (tarling) dengan membawa obor mengelilingi dusun Karangtengah, Baturraden.

Purwokerto – Takbir keliling menjadi salah satu tradisi dalam menyambut hari raya Islam, seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Takbir keliling juga menjadi tradisi di sejumlah daerah di Nusantara sebagai bentuk sukacita karena tiba di hari lebaran. Tidak terkecuali di AABS Purwokerto.

Siswa level VII, VIII, X, dan XI beserta guru pendamping berjalan mengelilingi dusun Karangtengah, Baturraden dengan membawa obor, Ahad (16/06) malam.

Suara merdu siswa nyaring terdengar melantunkan kalimat takbir, tahlil, dan tahmid sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT. Mereka mengikuti takbir keliling di lingkungan tersebut dengan wajah yang ceria.

Sambil berjalan menelusuri pemukiman warga, takbir keliling siswa AABS ini juga merupakan bagian untuk membangun silaturahmi dengan warga sekitar lingkungan sekolah. Selain itu, takbir keliling juga sebagai wujud menanamkan rasa bangga terhadap identitas kita sebagai umat Allah.

اللهُ اكبَرْ، اللهُ اكبَرْ اللهُ اكبَرْ لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر، اللهُ اكبَرُو ِللهِ الحَمْد

Allahu Akbar, Allahu Akbar kabir, Laa ilaaha illallaahu wallahu Akbar, Allahu Akbar walillaah ilhamd

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tiada Tuhan selain Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah.”

Baca Juga: Uwad Syawal 1445H AABS Purwokerto, Jadilah Hamba Allah Tidak Hanya di Bulan Ramadan

Siswa AABS bawa obor takbir keliling ke Desa Karangtengah, Baturraden
Siswa AABS bawa obor takbir keliling ke Desa Karangtengah, Baturraden
Takbir keliling siswa AABS Purwokerto sambut lebaran Idul Adha 1445H
Takbir keliling siswa AABS Purwokerto sambut lebaran Idul Adha 1445H
Siswa AABS Purwokerto sambut lebaran dengan penuh sukacita
Siswa AABS Purwokerto sambut lebaran dengan penuh sukacita