Purwokerto – Dalam rangka meningkatkan rasa cinta pada Al Quran, Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto mempunyai program Tilawah Al Quran 3 juz dalam sehari selama Ramadan.

Ramadan menjadi momentum bagi umat muslim termasuk jajaran guru, staff, dan siswa AABS untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Umat Islam di seluruh dunia berlomba-lomba mengumpulkan pahala dan beribadah sebanyak-banyaknya.

Ramadan juga dikenal dengan bulannya Al Quran. Sebab, di bulan ini Allah Swt. menurunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia. Maka wajarlah kalau tilawah Al Quran saat Ramadan menjadi ibadah paling ditekankan setelah qiyamullail. Pahala berlipat menanti di tiap hurufnya.

Untuk menumbuhkan rasa cinta dalam membaca Al Quran di bulan Ramadan, siswa-siswi AABS Purwokerto membiasakan diri tadarus bersama di masjid Umar bin Khotob (putra) dan masjid ‘Aisyah (putri).

Kegiatan ini merupakan bagian dari amaliah Ramadan para siswa dan seluruh SDM AABS, sehingga baik siswa maupun SDM minimal dalam sehari tadarus Al Quran 3 juz. Dengan begitu dalam satu bulan insyaAllah bisa khatamkan Al Quran sebanyak 3 kali.

Selain waktu zuhur, kegiatan tadarus Al Quran santri AABS juga dilaksanakan pada waktu Subuh dan Isya dengan pendamping dari wali asrama dan guru Al Quran. Meskipun di waktu-waktu lainnya juga para siswa tetap berinteraksi dengan Al Quran.

“Kita membagi siswa setiap levelnya dengan ustaz pendamping. Masing-masing ustaz mendampingi 5-6 siswa saat tilawah Al Quran di masjid. Pelaksanaannya setiap ba’da salat zuhur berjama’ah hingga pukul 13.30 WIB.” Terang ustaz Fithron Nadlifin, Lc. Kepala Bidang Kurikulum PAI.

Dengan sistem tilawah bersama ini, maka dapat menambah nuansa yang berbeda karena bacaan ayat-ayat Al Quran begitu menggema di lingkungan sekolah.

Baca Juga: Tarhib Ramadan, Tebar Kebaikan Menyambut Bulan Penuh Keberkahan

Baca Juga: Santri AABS Berkreasi Melukis Kaligrafi, Ramadan Makin Asyik!

Tadarus Al Quran 3 juz sehari
Tilawatil quran di bulan Ramadan