Baturaden, Selasa (01/03/2022) Siswa-siswi SMP Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti rangkaian acara Literacy and Enterpreneurship Week. Hari pertama kegiatan dibuka dengan upacara bendera yang dilaksanakan di halaman putra putri SMP Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Kali ini yang bertugas sebagai petugas upacara yaitu anggota yang tergabung dalam ekstrakulikuler Paskibra. Dalam upacara tersebut, ustadah Umi Palupi S.Tp., selaku kepala sekolah menyampaikan pesan bahwa “skill yang dibutuhkan masa kini bukan hanya anak yang pandai menyelesaikan soal dalam ujian tetapi juga menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari”. Hal tersebut diharapkan mampu menjadi semangat anak-anak dalam mengikuti kegiatan kewirausahaan ini.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua yaitu kelas  VII C, VIII C, IX C dan VII A, VIII A serta IX A berkesempatan untuk memasak dan berjualan di stand food bazar sementara kelas lain mengikuti agenda review film yang dipandu oleh anggota Osis.

Bazar dibuka pukul 11.00-12.00 yang dimeriahkan oleh anak-anak SMP sampai SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dengan membeli makanan di stand food bazar.

Beraneka ragam makanan dan jajanan dijual  dengan branding nama yang dibuat menarik oleh siswa antara lain, Chimi (cireng yummy) dan Chusse (churros sevilla ) dari kelas 8C, Yo Tuku (minuman sirup leccy dan yoyik ) , Mbok Tuku  ( rujak buah), es kuwud serta sate buah. Sementara kelas 9 menjual pentolity ( bakso pentol) dan ayam moo ( mie ayam ) sedangkan siswa putra menjual es doger, seblak, gandos dan masih banyak lainnya.

Dengan adanya pekan kewirausahaan dan literasi ini bertujuan membentuk skill kreatifitas, problem solving siswa-siswi SMP Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Selain itu, mereka juga diajak untuk mengenal dunia marketing dengan membuat branding nama, promosi makanan bahkan desain logo makanan sendiri.

Baca juga : Literacy and Entrepreneurship Week AABS 2022

Penulis : Ustadzah Ikhtiar