Purwokerto – Haflah Irsal Thalabah menjadi acara tahunan pelepasan siswa-siswi Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto menjelang keberangkatannya mengikuti program Overseas. Tahun ini, negara tujuan program Overseas 8 berbeda dibandingkan tahun sebelum-sebelumnya. Dari negara Mesir beralih ke Saudi Arabia (Madinah-Mekkah).

Dalam Haflah Irsal Thalabah, seluruh peserta Overseas yang merupakan siswa-siswi kelas X SMA-MA AABS Purwokerto bersama orang tua/ wali murid hadir di Auditorium Masjid ‘Aisyah AABS pada Sabtu, (27/01).

Sebanyak 94 peserta Overseas siap mengikuti program Dauroh Al Quran dan Bahasa Arab di Tanah Haram selama 3 bulan.

“Luruskan niat dan motivasi, bulatkan tekad serta semangat kalian sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dapat tercapai. Apalagi di tanah yang insyaAllah penuh berkah ini, jadi manfaatkan waktu dengan baik dan maksimal.” Pesan ustaz Sudrajat S.Sos., M.Pd., Kepala SMA AABS saat memberikan sambutan.

Ustaz Sudrajat menambahkan, program Overseas merupakan salah satu program unggulan yang ada di AABS Purwokerto. Di mana melalui program ini harapannya anak-anak semakin dekat dan kenal dengan Rabbnya, semakin tinggi iman dan ketakwaannya.

Selama mengikuti Overseas, siswa-siswi AABS akan belajar terutama Al Quran dan Bahasa Arab mulai dari menambah hafalan, memperbagus bacaan, hingga program itqon bersanad.

Baca Juga: Haflah Irsal Thalabah Overseas 7 SMA AABS Purwokerto

Di samping itu, beberapa target lainnya adalah pembentukan kepribadian muslim, wawasan global, melatih sikap pemimpin, kemandirian, dan bentuk refreshing atau rihlah religi selama berada di Madinah-Mekkah.

Sementara itu, ustaz Galih Rakasiwi, S.Si. Ketua Harian LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto juga berpesan kepada siswa agar memanfaatkan waktu sebaik mungkin selama berada di Arab Saudi.

“Ini pertama kali Overseas di Saudi Arabia, qadarullah ternyata Allah mudahkan perhitungannya (biaya overseas) sama. Kalian mendapatkan peluang belajar seperti ini, maka optimalkan setiap waktu detik di sana semaksimal mungkin untuk melakukan amal kebaikan sebanyak mungkin.” Terang ustaz Galih.

Sambutan ustaz Sudrajat, Kepala SMA AABS Purwokerto
Peserta dan tamu undangan Haflah Irsal Thalabah Overseas 8
Ustaz Galih, Ketua Harian LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
Perdana! Overseas di Saudi Arabia

Seperti kita tahu, Madinah dan Mekkah memiliki banyak keutamaan antara lain Kota Nabi dan Para Sahabat, Allah jadikan Tanah Haram, Nabi doakan keberkahan, tidak dimasuki Tha’un dan Dajjal, serta masih banyak keutamaan lainnya.

Lebih gembiranya lagi, selama mengikuti Overseas di Saudi, siswa-siswi AABS dapat menunaikan ibadah umrah di Mekkah sebanyak tiga kali. MasyaAllah!

Overseas 8 terbilang spesial, karena ini kali pertama pelaksanaan program di Negara Arab Saudi (sebelumnya di Mesir). Seluruh peserta mendapatkan fasilitas Umrah sebanyak 3x selama mengikuti program Overseas.

Selain itu, angkatan 8 ini menjadi angkatan dengan jumlah siswa yang menargetkan tahfiz 30 juz bersanad terbanyak, yakni 6 siswa (3 putra dan 3 putri). Sementara peserta lainnya menargetkan tahfiz 30 juz dengan jumlah juz itqon bervariasi mulai dari 5 juz hingga 15 juz. Mabruk alfa mabruk!

Pembacaan ikrar peserta Overseas
Simbolis pelepasan siswa (Haflah Irsal Thalabah) Overseas 8
Haflah Overseas 8 Madinah-Mekkah